I. HAL-HAL YANG MENDASARI ADANYA IMK

      Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan computer yaitu  menggunakan sejumlah menu maupun teks.atau juga bias menggunakan alat bantu masukan(input),yang berupa mouse ataupun keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran(output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.
          Prinsip kerja komputer = input – proses – output.Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
        Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.
   Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia barumenyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.



Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
    contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
    contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
    contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
     contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
    contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
    - Windows Icon Menu Pointer
    - Windows Icon Mouse Pulldown Menu
  • yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll

II.ILMU YANG TERKAIT DENGAN IMK
1. Teknik elektronika & ilmu komputer
     memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
    memahami  sifat  &  kebiasaan,  persepsi  &  pengolahan  kognitif,  ketrampilan   motorik
    pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi
    sebuah   gambar   dapat   bermakna  sama  dengan  seribu  kata.  Gambar  dapat
    digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik
    berhubungan  dengan   aspek  fisik  untuk  mendapatkan  lingkungan  kerja yang nyaman,
    misal  :  bentuk  meja  &  kursi  kerja,  layar   tampilan,  bentuk  keyboard,   posisi   duduk,
    pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5. Antropologi
    ilmu   pengetahuan    tentang   manusia,  memberi  suatu pandangan tentang cara kerja
    berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai
    dengan bidangnya
6. Linguistik
    merupakan  cabang  ilmu  yang  mempelajari  tentang bahasa. Untuk melakukan dialog  di
    perlukan  sarana  komunikasi  yang memadai berupa  suatu bahasa khusus, misal bahasa
    grafis,bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
    studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK
    karena adanya otomasi kantor.

III.DEFINISI IMK
     Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

**Pengertian Interaksi :  komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

**Definisi interaksi manusia dan komputer : sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

**Prinsip kerja komputer = input ???? proses ???? output
Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)

**Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.

**Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari  proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

**Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
     contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
     contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
    contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
     contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
    contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
    - Windows Icon Menu Pointer
    - Windows Icon Mouse Pulldown Menu
       yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll

Jadi secara garis besar IMK itu adalah sebuah interaksi antara manusia(user) dengan computer yang menggunakan beberapa dan berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan oleh manusia.contoh pekerjaan yang sering digunakan oleh manusia yang dikerjakan oleh computer adalah membuat suatu pekerjaan menulis ataupun pekerjaan kantor.

IV.MENGAPA KITA BUTUH IMK
          Kita butuh IMK adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.serta bisa membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
       Dan untuk mahasiswa IT,kita bisa membuat aplikasi ataupun program dengan cepat dikarenakan kita memakai aplikasi yang memiliki interaksi yang mudah dipakai dan dimengerti.